cbox



My.Google My.Facebook My.Twitter

Senin, 24 September 2012

Manfaat daun pepaya

Daun pepaya merupakan salah satu daun daunan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Masyarakat luas mengenalnya selain sebagai pengobatan herbal daun pepaya digunakan untuk keperluan memasak yaitu sebagai pelunak daging.

Manfaat dan khasiat daun pepaya adalah sebagai berikut;

Solusi bagi jerawat

Daun pepaya mempunyai khasiat sebagai solusi bagi mereka yang mempuyai jerawat yang membandel. Cara pembuatannya yaitu; petik 2-3 helai daun tua pepaya kemudian jemur sebentar sehingga daun tampak layu. Setelah itu daun yang sudah layu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan diberi sedikit air ( setengah sendok ) dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat sampai beberapa saat ( sekiranya da neresap pada jerawat ) setelah itu bilas dengan air bersih ( jangan menggunakan pembersih wajah ataupun sabun untuk membersihkan ramuan tersebut dari wajah).

Penolak atau pencegah kanker (Antikanker)

Daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

Penambah nafsu makan

Daun pepaya dapat berkhasiat sebagai penambah nafsu makan untuk orang dewasa maupun anak anak. Cara membuat ramuan penambah nafsu makan adalah dengan menumbuk halus atau bisa juga dengan blender campuran daun pepaya satu lembar ditambah sedikit garam dan air hangat secukupnya. Setelah dihaluskan dilanjut dengan menyaringnya. Setelah disaring ramuan siap diminum.

Penstabil tekanan darah

Daun pepaya juga dapat berkhasiat sebagai pengontrol tekanan darah yang bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Caranya; Siapkan 5 lembar daun pepaya kemudian rebus dengan air sebanyak 1/2 liter hingga tinggal 3/4 nya. Dinginkan kemudian airnya siap diminum. Saat minum bisa dicampur dengan madu sebagai pelengkap dan pemanis.

Begitu banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan kita, maka dari itu kita pantasnya bersyukur karena pepaya dapat tumbuh subur di sekitar kita sehingga mudah bagi kita untuk mendapatkan dan mengambil manfaatnya. Tapi diakui apa tidak bagi kawula muda daun pepaya bukanlah termasuk menu favorit dalam makanan, entah karena tidak tau manfaatnya atau karena gengsi (dinggap makanan JADUL) dan mereka akan memanfaatkan daun pepaya jika dalam keadaan terpaksa. Akan tetapi mudah mudahan dengan kita memahami manfaat maupun khasiatnya kita akan mensyukuri dan memanfaatkan tumbuhan ini dengan sebaik baiknya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar