cbox



My.Google My.Facebook My.Twitter

Rabu, 31 Oktober 2012

Siapakah Anda ?



"Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan mu seimbang, dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu." (QS. Al-Infithar : 6-8)

Wahai manusia, siapakah Anda?


Anda adalah makhluk rabbani, tiupan yang suci, ruh yang termasuk urusan Allah,
Dia menc
iptakannya dengan tangan-Nya,
Dia meniupkan ke dalam tubuhmu dari ruh ciptaan-Nya, yang mengutamakanmu atas kebanyakan makhluk-Nya,
Dia memerintahkan malaikat untuk sujud kepadamu, yang mengajarimu semua nama, membebanimu amanah yang engkau sanggupi, menganugrahkan nikmat kepadamu baik yang lahir maupun batin, yang menundukkan untukmu semua yang ada di langit dan di bumi, yang memuliakan kamu dengan pemuliaan yang besar.
Dia menciptakanmu dalam bentuk yang terbaik, melengkapimu dengan bekal paling sempurna, menganugrahimu pendengaran, penglihatan dan hati, menjelaskan kepadamu dua jalan dan menunjukimu kepada dua arah (kebaikan dan kejelekan), yang memudahkan jalan bagimu.
Engkau dengan izin-Nya dapat menyelam di air, terbang di udara, menemukan arus listrik, zat atom, dan menganugrahkan dengan pikiran dan kemampuanmu untuk mengarungi penjuru langit.
Apakah engkau melihat hal yang lebih agung, lebih besar, lebih suci dan lebih mulia ?

Usai kehidupan yang amat pendek ini, Anda adalah makhluk abadi yang tidak hancur. Anda akan dihidupkan dan dibangkitkan. Anda akan memulai kehidupan mulia di negeri kenikmatan yang penuh kesenangan. Apabila Anda memahami rahasia tugas Anda di dunia, lalu Anda mengikhlaskan amal hanya untuk raja yang berhak untuk disembah.

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan." (QS. Adz-Dzariyaat: 56-57)

Kematian yang Anda takutkan, hanyalah sebuah perpindahan dari kehidupan dunia menuju kehidupan akhirat.

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui" (QS. Al-Ankabut: 64)

Jasad ini hanyalah sebuah sangkar tempat Anda di tahan. Sebuah pakaian yang akan Anda lepas suatu ketika. Lalu Anda berjumpa dengan Hari Pembalasan.

(Sumber: buku Risalah Tarbiyah - Hasan Albanna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar