cbox



My.Google My.Facebook My.Twitter

Kamis, 25 Oktober 2012

Cara Alami Atasi Insomnia

 Setelah beraktivitas seharian tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat. Salah satunya dengan tidur 6-8 jam sehari. Namun, sayangnya tidak semua orang dapat tidur dengan baik. Akibatnya tubuh tidak sepenuhnya memperoleh manfaat dari tidur yang tidak berkualitas.
Untuk memperoleh kualitas tidur yang baik beberapa orang memilih cara instan dengan minum berbagai macam obat tidur. Padahal obat tidur terkadang hanya bisa membantu sementara waktu saja, tapi tidak untuk memperbaiki kualitas tidur kita. Berikut ini tips alami untuk mengoptimalkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia di antaranya adalah:
1. Terapi dengan wewangian bunga seperti melati, lavender, dan gardenia.
Letakkan segenggam bunga melati di dekat tempat tidur. Selain membuat ruangan lebih semerbak, melati diketahui akan membuat tidur REM lebih dalam.
Aroma bunga lavender akan memperlambat detak jantung serta menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah peneliti dibandingkan efek minyak lavender dengan plasebo yang disemprotkan di seprai 12 wanita penderita insomnia. Hasilnya, wanita yang tidur di ruangan dengan wangi lavender tidur lebih cepat dan bangun dengan segar.
Dalam ilmu Ayuverda, bunga gardenia sudah dipakai untuk mengatasi rasa marah dan ketidaksabaran. Aromanya yang manis diketahui juga membantu mata lebih cepat terpejam.
2. Berolahragalah secara teratur minimal setiap 2 hari sekali sampai berkeringat. Karena, berkeringat sangat menyehatkan. Bila kita sering mengalami insomnia (kesulitan untuk tidur), maka lakukan olahraga pada sore harinya agar relaksasi pada otot mudah terbentuk di malam harinya sehingga memudahkan rasa mengantuk.
3. Hindari minum terlalu banyak menjelang tidur, lebih baik minum 2 atau 4 jam sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar ketika kita tidur, kita tidak terganggu oleh rasa ingin buang air kecil di malam harinya. Sehingga tidak mengganggu kenyenyakan tidur.
4. Hindari minum kopi menjelang tidur. Karena kopi mengandung kafein yang membuat kita terjaga dari rasa mengantuk.
5. Hindari makan makanan padat pada malam harinya. Sebaiknya berhenti makan 4 jam sebelum tidur. Kebiasaan makan makanan padat menjelang tidur, menyebabkan perut terasa tidak nyaman sehingga mengganggu kualitas tidur kita. Serta proses mencerna makanan juga tidak berjalan dengan baik pada waktu tidur. Bila menjelang tidur, kita masih merasa lapar, alangkah baiknya kita makan buah-buahan saja. Sehingga tubuh kita sewaktu tidur bisa mengoptimalkan perbaikan jaringan yang rusak dan bukan untuk mencerna makanan. Tips ini juga mengatasi keluhan setelah bangun tidur, badan menjadi tidak segar dan sering merasa pegal-pegal.
6. Ciptakan suasana nyaman saat kita akan tidur. Matikan lampu, atur handphone pada mode ‘silent’, rapikan tempat tidur, jaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas.
7. Jangan lupa untuk mencuci muka, tangan dan kaki. Serta menggosok gigi sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar kita merasa nyaman saat akan tidur.


Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar