cbox



My.Google My.Facebook My.Twitter

Rabu, 22 Agustus 2012

Tahap perkembangan payudara wanita



Payudara selalu menjadi bagian menarik dari tubuh wanita. Bagian tubuh sensitif juga merupakan media pertumbuhan dan perkembangan bayi melalui ASI. Tapi bukan hanya payudara wanita mengandung kelenjar susu. Payudara wanita adalah struktur yang sangat kompleks. Selain terdiri dari jaringan lemak dan ikat, ASI juga mengandung saluran, pembuluh darah, kelenjar getah bening dan struktur yang dikenal sebagai lobus dan lobulus. Dilaporkan Mayoclinic, payudara masing-masing memiliki 12 sampai 20 bagian lobulus (susu yang memproduksi kelenjar pada akhir lobus) dan duktus (saluran susu). Menuju puting, saluran setiap melebar untuk membentuk kantung (ampula). Selama menyusui, susu membawa saluran dari alveoli (kantong susu dalam lobulus) ke daerah gelap kulit di payudara (areola atau daerah gelap sekitar puting). Dari areola, saluran bergabung bersama menjadi saluran yang lebih besar berakhir di puting.

Secara rinci, seperti dilansir imaginis, payudara wanita terdiri dari:

  1. Kelenjar susu (lobules) yang menghasilkan susu
  2. Duct atau saluran yang membawa susu dari kelenjar susu (lobules) ke puting puting
  3. Areola (daerah berpigmen merah muda atau cokelat di sekitar puting)
  4. Jaringan ikat (fibrosa) yang mengelilingi lobulus dan saluran
  5. Lemak


Jaringan payudara manusia mulai berkembang pada minggu keenam dari kehidupan janin. Awalnya, jaringan payudara berkembang sepanjang garis meluas ke ketiak dan pangkal paha (ini disebut bubungan susu). Pada minggu kesembilan kehidupan janin, pertumbuhan kembali ke daerah dada, meninggalkan dua kuncup payudara pada dada bagian atas. Pada wanita, kolom sel tumbuh dari setiap kuncup payudara, kelenjar keringat menjadi terpisah dengan saluran (saluran susu) yang mengarah ke puting. Payudara wanita tidak tumbuh sebelum memasuki pubertas (sekitar usia 10 atau 11 tahun), yaitu ketika tubuh mengalami banyak perubahan untuk mempersiapkan reproduksi. Setelah rambut kemaluan mulai tumbuh, payudara Anda akan mulai merespon perubahan hormon dalam tubuh. Secara khusus produksi dua hormon, yaitu estrogen dan progesteron yang merupakan sinyal pengembangan jaringan payudara kelenjar. Pertumbuhan awal payudara mungkin sedikit menyakitkan bagi sebagian wanita. Selama ini, lemak dan jaringan payudara menjadi lebih elastis. Saluran payudara mulai tumbuh dan pertumbuhan berlanjut sampai menstruasi dimulai (biasanya 1 sampai 2 tahun setelah perkembangan payudara telah dimulai). Menstruasi mempersiapkan payudara dan ovarium untuk kehamilan potensial.

Berikut adalah beberapa tahap perkembangan payudara pada wanita:

  1. Sebelum pubertas, payudara datar kecuali untuk puting menonjol dari dada.
  2. Pubertas dini, areola (daerah puting) menjadi menonjol dan kuncup payudara mulai mengisi.
  3. Akhir dari pubertas, peningkatan jaringan kelenjar dan lemak pada payudara, dan areola (daerah puting) menjadi datar. 
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar