cbox



My.Google My.Facebook My.Twitter

Rabu, 22 Agustus 2012

Setiap Penyakit Ada Obatnya

   Abu Zubair meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah bahwa Nabi SAW bersabda:
"Setiap penyakit ada obatnya. Jika obat yg tepat diberikan dengan izin Allah, penyakit itu akan sembuh". (HR. Muslim, Ahmad dan Hakim).
    Jadi, apabila suatu penyakit diberikan pengobatan(obat dan dosis) secara tepat plus izin Allah, maka insyaallah akan menjadi sebuah kesembuhan. Dan secara logika, pun itu berasal dari bahan yg haram, jika Diizinkan oleh Allah juga akan membawa kesembuhan. Kenapa? Karena kandungan yg ada di dalamnya bisa mengatasi suatu penyakit tertentu. Dalam mengkonsumsi obat, tentu saja terdapat efek samping. Jika kita mengkonsumsi sumber yg haram, maka efek yg terkandung di dalamnya akan memberi pengaruh secara spiritual. They would be spiritually negative. Sama dengan efek yg ada ketika seorang ayah menafkahi keluarganya dg harta haram. Dibandingkan dengan hasilnya, maka seorang muslim yg baik hendaknya memilih pengobatan yg tepat daripada mendapatkan murka Allah.
    Dengan bekal keyakinan bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, maka seorang muslim akan bertawakal hanya pada Allah untuk mencari pengobatan halal bagi suatu penyakit sampai titik darah penghabisan.

SUMBER PENYAKIT
    Rasulullah SAW memberi petunjuk pada kita mengenai makanan dan minuman, meliputi pencegahan over dosis dengan menghindari makan berlebihan dan aturan2 lain termasuk dimakruhkannya minum sambil berdiri.
    Dalam musnad Ahmad dan kitab lain diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda:
"Tak ada wadah yg lebih buruk yg dipenuhi oleh seorang manusia selain perutnya. Dia sebenarnya hanya membutuhkan beberapa suap untuk menopang hidupnya. Karena itu, perut perlu dibagi menjadi 3 bagian,; seper3 untuk makanan, seper3 untuk minuman, seper3 untuk udara." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, HAkim, Ibnu Hibban).
Maksud dari sabda Nabi tersebut adalah, karena makanan dapat menyerang, merugikan, dan merubah fungsi normal tubuh jika jumlahnya berlebihan. Sebagian besar penyakit terjadi karena konsumsi makanan yg melebihi kebutuhan tubuh. Penyakit juga bisa muncul karena mengkonsumsi makanan yg sulit dicerna dan kompleks.
    Jadi untuk menghindari penyakit, salah satu caranya adalah dengan makan yg cukup. Karena makan sampai kenyang akan melemahkan kekuatan tubuh. Tubuh akan kuat jika memperoleh nutrisi yg dibutuhkan, bukan banyaknya makanan yg dimakan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar