cbox



My.Google My.Facebook My.Twitter

Minggu, 13 Oktober 2013

Tindak lanjut tentang katarak

APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA MENDAPATI GEJALA KATARAK?

Jika menemui tanda-tanda yang mengarah pada katarak, segeralah berkonsultasi dengan dokter mata untuk diperiksa dan mendapatkan terapi yang sesuai. Jika dokter menganjurkan untuk operasi, mintalah penjelasan yang detail tentang operasi, persiapan yang harus dilakukan, sampai dengan segala risiko yang mungkin timbul setelah operasi. Pada kasus katarak yang sampai menyebabkan glaukoma (peningkatan tekanan bola mata), biasanya dokter akan menganjurkan untuk segera dioperasi karena dapat mengganggu kesehatan mata.

JAGA KESEHATAN MATA KITA

Meskipun tidak secara khusus dapat mencegah katarak, beberapa hal berikut ini dapat ditempuh sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan mata :

Makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E yang berkhasiat sebagai antioksidan, yang dapat dijumpai pada bahan makanan alami maupun suplemen. Vitamin A banyak terdapat pada kuning telur, hati, susu, mentega, sayuran warna hijau, tomat, kol, dan selada. Vitamin C dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah segar berwarna kuning atau merah, seperti jambu biji, jeruk, tomat, dan anggur serta sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Vitamin E banyak terdapat pada kacang-kacangan, sayur dan buah. Suplemen antioksidan bukan merupakan keharusan untuk dikonsumsi bila tubuh dapat memenuhi kebutuhan dari makanan sehari-hari.
Mengurangi pajanan atau kontak dengan radikal bebas (polusi udara, asap rokok, radiasi TV, radiasi komputer, bahan-bahan kimia, dan kesibukan hidup yang tinggi).
Jika mengidap penyakit seperti diabetes mellitus (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), atau kadar asam urat tinggi hendaknya sering berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan rutin supaya penyakitnya tidak makin memburuk dan ikut mempengaruhi organ mata.
Jika Anda termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, gunakan kacamata berlensa gelap yang dapat melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung, debu, dan kotoran.

SYUKURI NIKMAT PENGLIHATAN

Dalam menghadapi penyakit apapun, hendaknya kita senantiasa memohon pertolongan dan memasrahkan semuanya hanya pada Allah. Terapi apapun yang kita pilih hanyalah ikhtiar manusia, berhasil atau tidaknya ditentukan oleh Allah. Hendaknya kita senantiasa menjaga kesehatan mata kita sebagai rasa syukur terhadap nikmat dari Allah berupa penglihatan yang tajam. Bagi yang menderita katarak, hendaknya bersabar dan terus berusaha dengan tidak melupakan tawakal pada Allah semata. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar